//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

MK Tegaskan Tak Bisa Maju Lagi Cawapres, JK Akan Jadi Capres?

Jusuf Kalla tak bisa menjadi cawapres lagi

Jusuf Kalla tak bisa menjadi cawapres lagi. (CNN Indonesia)

Anekainfounik.net. Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono menegaskan bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai Wapres pada Pemilu 2019.

Hal itu didasarkan pasal 7 UUD 1945 yang menyebutkan bahwa Presiden dan Wapres dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. Sementara, JK telah dua kali menjabat sebagai Wapres, pada periode 2004-2009 dan 2014-2019.

“Pasal tujuh itu kan sudah jelas, jangan dibuat remang-remang. Kalau sudah dua kali ya sudah,” ujar Fajar, di gedung MK, Selasa (27/2), dilansir anekainfounik.net dari CNN Indonesia.

Aturan ini, lanjutnya, telah diperkuat dengan ketentuan pasal 169 huruf n UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal itu menyebut persyaratan menjadi capres dan cawapres adalah belum pernah menjabat Presiden atau Wapres selama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.

“Jadi enggak ada lagi perdebatan [menjabat] berturut-turut atau tidak. Kalau diatur berturut-turut pasti dibunyikan di situ [UU Pemilu]. Sudah klir sebetulnya,” kata dia.

Menurut Fajar, JK hanya bisa maju di Pemilu 2019 jika mencalonkan diri sebagai Presiden. Sebab, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu belum pernah menjabat sebagai Presiden.

“Ya bisa [maju capres] karena dia [JK] belum pernah jadi Presiden. Kalau Wapres kan sudah dua kali,” tuturnya.

JK sendiri tidak terlalu antusias menanggapi kabar dirinya yang dinilai pantas maju kembali sebagai cawapres. Dia mengaku tidak tertarik untuk maju kembali pada Pilpres 2019 mendatang sebagai calon wakil presiden.

JK mengatakan bahwa dirinya lebih ingin terjun ke organisasi yang bergerak di bidang sosial setelah masa jabatannya sebagai wapres nanti habis.

“Saya mau ke mana? Tentu bersama Anda semua. Biasanya kalau sudah telanjur aktif di pemerintahan, pensiun susah. Maka otomatis jika ditawari saya ingin aktivitas sosial atau kemanusiaan,” kata JK yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini, Senin (26/2).

Lalu akankah JK memutuskan menjadi penantang Jokowi di Pilpres 2019, kita tunggu saja.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: