//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Senangnya Anies Resmikan Underpass Kartini yang Dibangun di Era Ahok

Anies Baswedan meresmikan Underpass Kartini

Anies Baswedan meresmikan Underpass Kartini. (Kumparan.com)

Anekainfounik.net. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan salah satu proyek yang dibangun di era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yakni Underpass Kartini, di Jalan RA Kartini, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2018). Peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Anies. Setelah pita digunting, kedua jalur di underpass tersebut diperbolehkan dilintasi kendaraan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim, maka lintas bawah Kartini ini resmi digunakan,” ujar Anies, dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Ia menjelaskan, pengoperasian underpass Kartini lebih cepat daripada target awal. Menurut rencana, jalur tersebut baru akan dioperasikan pada April 2018.

“Alhamdulillah percepatan dilakukan yang semula diduga bulan April, alhamdulillah bulan Februari bisa tuntas. Jadi, ini bisa lebih cepat (beroperasi),” ucapnya.

Pada awal pengerjaan, lanjutnya, proyek ini terkendala saluran utilitas yang melintang di sana. Underpass ini mulai dibangun November 2016.

“Jadi, ini bisa lebih cepat, insya Allah bisa langsung dipakai, dan bisa memberikan manfaat sehingga jalur ini akan membuat lalu lintas, terutama yang melewati simpang Jalan Kartini dan Arteri Pondok Indah bisa lebih leluasa dari sebelumnya,” ujarnya.

Adapun, underpass ini panjangnya 500 meter, lebar 9 meter, dan panjang terowongan 120 meter. Dinding underpass Kartini dibuat motif menyerupai air mengalir. Motif itu bermakna harapan agar lalu lintas dari arah Pondok Indah menuju Lebak Bulus lancar.

“Ini rancangannya memasukan budaya Betawi ini salah satu ciri dalam rancangannya termasuk nanti pada perancangan Sudirman-Thamrin nanti ada unsur budaya,” ujar Anies.

Pembangunan underpass Kartini dimulai sejak 14 November 2016 oleh Dinas Marga Provinsi DKI Jakarta dengan menelan biaya Rp 90 miliar. Selain Underpass Kartini, pada tahun yang sama, Ahok juga membangun Flyover Bintaro Permai, Flyover Cipinang Lontar, dan Flyover Jalan Panjang serta Underpass Matraman dan Underpass Mampang-Kuningan.

Proyek pembangunan Underpass Kartini

Proyek pembangunan Underpass Kartini. (Detikcom)

Tak seperti Underpass Kartini, Flyover Pancoran yang juga dibangun di era Ahok hingga kini belum diresmikan Anies. Padahal, flyover tersebut sudah dibuka sejak Senin (15/1/2018).

Baca juga: Tak Resmikan Flyover Pancoran, Anies Gengsi Hargai Hasil Kerja Ahok?

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan