//
Anda membaca...
Hiburan, Hukum dan Peristiwa

Diduga Menipu Rp 25M, Selebgram Angela Lee dan Suaminya Ditangkap

Angela Charlie atau Angela Lee

Angela Charlie atau Angela Lee. (Instagram @angelalee87)

Anekainfounik.net. Selebritis Instagram, Angela Charlie (31) atau yang dikenal dengan nama Angela Lee ditangkap Polres Sleman, bersama suaminya, David Hardian (36), terkait dugaan kasus penipuan dan pencucian uang dengan modus investasi.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Are mengatakan, penangkapan ini berawal dari laporan seorang warga Yogyakarta bernama Santosa Tandyo. Dia melaporkan pasangan suami istri ini atas dugaan melakukan penipuan, penggelapan dan pencucian uang.

“Pelapor awalnya diajak berinvestasi jual beli mobil. Pelapor lalu menstransfer sejumlah uang secara bertahap,” ujar Rony dalam jumpa pers, Rabu (28/2/2018), dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Uang tersebut oleh David Hardian tidak digunakan bisnis jual beli mobil tetapi justru untuk bisnis tas impor yang dijalankan oleh istrinya Angela Charlie. Pelapor sempat marah namun diyakinkan oleh David Hardian jika keuntungan dari bisnis tas impor lebih menjanjikan.

Selain itu, David Hardian juga menjanjikan uang investasi beserta keuntungannya akan dikembalikan dalam delapan hari.

“Selama dua bulan pertama berjalan lancar. Tetapi masuk bulan Mei 2017, mulai macet dan tidak menyampaikan dengan jujur kepada yang berinvestasi,” ungkapnya.

Uang investasi yang ditransfer secara bertahap hingga total Rp 12 miliar itu ternyata justru digunakan untuk membayar utang. Selain itu, uang juga digunakan untuk membeli rumah dan sejumlah mobil.

“Saat ditagih, pelapor baru mengetahui setelah terlapor menjelaskan jika bisnis macet dan investasi digunakan untuk membayar hutang,” tuturnya.

Dia menyampaikan, terlapor telah menjalani pemeriksaan. Setelah menjalani pemeriksaan, terlapor langsung ditahan.

“Kami panggil pada 5 Februari 2018 untuk pemeriksaan. Keduanya usai pemeriksaan langsung ditahan,” tuturnya.

Dari tangan keduanya, polisi mengamankan barang bukti berupa mobil, ponsel, beberapa ATM, mobil, 43 tas dan sejumlah dokumen. Akibat perbuatannya, keduanya dijerat dengan pasal 3 dan pasal 4 Tindak Pidana Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp 10 miliar.

Angela Lee klaim diperas rentenir

Angela Lee mengaku terjerat utang hingga Rp25 miliar karena kena bujuk rayu rentenir. Menurut Angela, utang sebanyak itu bermula dari keinginannya mengembangkan bisnis tas mewahnya. Pikiran penuh semangat untuk membesarkan bisnis membuat ia bertindak gegabah. Ia menerima pinjaman dari seorang rentenir dengan bunga yang sangat besar.

“Sebenarnya sudah beberapa tahun aku jual beli tas tanpa modal orang lain. Saat ada yang melihat (usahanya) ramai, ada yang kasih pinjaman uang dengan bunga sebulan 20 persen. Laku enggak laku, harus bayar bunga 20 persen,” kata Angela saat ditemui di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, dilansir dari viva.co.id.

Saat itu, ia tak berpikir panjang dengan keputusannya menerima pinjaman dari rentenir tersebut. Apalagi, dia mengaku tak memiliki pembukuan yang teratur dan rapi mengenai bisnisnya tersebut. Barang-barang yang laku maupun tidak, sama sekali tidak tercatat dengan baik.

“Memang aku salah, ada yang belum dan sudah laku. Yang belum aku nombokin. Utang muncul karena itu,” kata Angela.

Karena ulah rentenir dan bunga pinjaman yang sangat besar itulah akhirnya Angela terpaksa harus gali lubang tutup lubang, dengan meminjam uang ke mana-mana demi melunasi pokok utang dan bunga pinjaman.

“Setelah itu enggak tahu ke mana. Aku pinjam sana-sini, gali lubang dan tutup lubang,” ujarnya.

Ia pun sempat frustasi dengan utang yang mencapai puluhan miliar tersebut. Apalagi, orang-orang terdekatnya tak ada yang membantu. Suaminya lepas tangan, begitu juga orangtuanya yang menanggapi dingin soal kasusnya tersebut.

“Kita sudah menghampiri kedua orangtua Angela, tetapi mereka semua lepas tangan,” kata Henry Indraguna yang kala itu masih menjadi kuasa hukum Angela, di kantornya kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Henry bahkan mengaku sudah menemui ayah Angela, demi meminta pertolongan atas kasus yang menjerat putrinya tersebut. “Kita bahkan sudah samperin ayahnya Angela, tapi dia tegas bilang bahwa dia tidak mau membantu menyelesaikannya,” kata Henry.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: