//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Sebut Foto Dirinya-Prabowo Bareng Admin MCA Hoax, Fadli Zon Lapor Polisi

Foto diduga Fadli Zon-Prabowo bersama admin MCA

Foto diduga Fadli Zon-Prabowo bersama admin MCA. (Twitter @ProfYLH)

Anekainfounik.net. Belakangan ini beredar foto di media sosial yang memperlihatkan elite Gerindra, Prabowo Subianto dan Fadli Zon bersama admin atau pengelola Muslim Cyber Army (MCA). Fadli membantah tuduhan tersebut dan akan mempolisikan si penyebar hoax.

Ada tiga foto viral yang tersebar. Pertama, foto yang menuliskan admin MCA yang diciduk Polri makan bareng dengan Prabowo dan Fadli Zon.

Foto kedua, terlihat Fadli semobil dengan Roy Janir, orang yang dituding admin MCA oleh penyebar tersebut. Foto ketiga Fadli Zon bersalaman dengan Roy Janir. Semua foto tersebut diperoleh dari akun Facebook milik Roy Janir.

Dilansir anekainfounik.net dari detikcom, sosok yang dikira admin MCA adalah Eko. Eko merupakan orang yang berjalan kaki dari Madiun sampai Jakarta saat Pilgub DKI. Eko merupakan pendukung Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Ia juga sempat disambut oleh Prabowo.

“Anda sedang menyebarkan berita hoax n fitnah. Itu Sdr Eko yg jalan kaki dr Madiun Jakarta pas pilkada DKI. @Gerindra @prabowo,” cuit Fadli dalam akun Twitter resminya, @fadlizon, Jumat (2/3/2018).

Untuk menindaklanjuti kabar hoax tersebut, Fadli akan mempolisikan si penyebar. Ia akan mempolisikan Ananda Sukarlan dan pemilik akun Facebook Roy Janir.

“Pelaporan thd @anandasukarlan n penyebar hoaks Jumat sore di @BareskrimPolri dg pengacara @mahendradatta n Tim. @Gerindra @prabowo,” ujar Fadli.

“Akun ini juga kami laporkan ke @BareskrimPolri . Penyebar hoaks n fitnah. @Gerindra @prabowo,” tambahnya untuk menegaskan ia juga akan melaporkan Roy.

Ananda mengunggah ulang kicauan akun @stlaSoso1 yang diduga menyebar foto hoaks Fadli dan Prabowo bersama admin MCA. Ananda juga mengajak warganet untuk mengunggah ulang foto tersebut.

“Nah loh, ini kayaknya butuh diRT 58 x 100 kali deh. Biar 58% itu liat,” kata Ananda melalui akun Twitter pribadinya, Kamis (1/3/2018).

Foto itu awalnya diunggah oleh akun @stlaSoso1. Namun akun tersebut juga telah menghapus unggahan tersebut.

Seperti diketahui, MCA memiliki empat jaringan dengan fungsi menampung, merencanakan, menyebar, dan menyerang kelompok lain agar hoax berhasil disebar kepada masyarakat. Bareskrim Polri menangkap enam tersangka pelaku lainnya, di antaranya ML (39) seorang karyawan yang ditangkap di Jakarta, RS (38) seorang karyawan yang ditangkap di Bali, RC yang ditangkap di Palu, Yus yang ditangkap di Sumedang, dan dosen UII TAW (40) yang ditangkap di Yogyakarta.

Mereka dijerat Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan/atau Pasal juncto Pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 33 UU ITE.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: