//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Berfoto di Jalan Tol Surabaya, Syahrini Terancam Dipenjara 18 Bulan

Syahrini foto di Jalan Tol Surabaya

Syahrini foto di Jalan Tol Surabaya. (Instagram @princessyahrin)

Anekainfounik.net. Penyanyi Syahrini melakukan aksi kontroversial dengan melakukan sesi foto di bahu Jalan Tol Waru-Juanda Sidoarjo di Surabaya. Ada dua foto yang kemudian diunggahnya di akun Instagram miliknya, @princessyahrini.

“Melangkah Manjaahh Di Jalan ToL Surabayaahh. Yaaaaa…Khaaaaannn! #PrincesSyahrini #Surabaya_5Maret2018,” tulis Syahrini.

Postingan ini memancing komentar warganet. Sebagian menyayangkan aksi ‘manja’ tersebut.

“Jiahh dia foto di jalan tol.??? Bahaya neng… jalan tol bukan tempat selfie… untung gak kenapa napa…,” kata salah seorang warganet lewat komentar di Instagram.

Namun ada yang menyebut wanita bernama Rini Fatimah Jaelani asli ini melanggar aturan. Ini tertuang dalam Undang-Undang No 38 Tahun 2014 tentang Jalan. Di situ tertulis, ‘setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan’.

“Menurut aturan UU No 38 Tahun 2004 tentang Jalan, setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan,” kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, saat dimintai konfirmasi lewat telepon, Rabu (7/3/2018), seperti dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

“Terkait hal ini, penggunaan bahu jalan hanya digunakan untuk keperluan darurat. Jika ada pengguna jalan berfoto-foto di bahu jalan, yang bersangkutan membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain,” sambungnya.

Pelanggaran yang dilakukan Syahrini tertuang dalam Pasal 12 ayat 1 UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Ketentuan pidananya diatur dalam Pasal 63 yang berbunyi, ‘Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 18 (delapan belas) bulan atau denda paling banyak Rp 1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah)’.

Pengelola tol sebut tak ada izin

Saat ditanya apakah Syahrini diberi izin untuk sesi pemotretan di tol tersebut, Dwimawan meminta hal tersebut ditanyakan langsung kepada pihak terkait.

“Agar ditanyakan ke pengelola tol tersebut, ruas Waru Juanda PT CMS,” ujarnya

Sementara, pengelola tol tersebut, PT Citra Margatama Surabaya (CMS), anak perusahaan PT Citra Marga Nushapala Persada (CMNP) mengatakan pemotretan dilakukan pada Senin (5/3) lalu.

Pejabat Public Relations PT CMNP Agsa Fahmi mengatakan dirinya sudah memonitor kasus ini melalui humas PT CMS. Menurutnya, pemotretan Syahrini di jalan tol di Surabaya tersebut tidak berizin.

“Info dari humas CMS, tidak ada izin untuk pemotretan tersebut. Hanya berhenti sebentar lalu langsung action,” ujar Fahmi, Rabu.

Saat ditanya soal informasi adanya petugas yang ikut menjaga di lokasi saat pemotretan berlangsung, Fahmi belum bisa menjawab. Dia belum mendapat informasi lebih lanjut karena baru memonitor kasus ini setelah tersebar di media sosial.

Polisi buka peluang memanggil Syahrini

Polisi ada kemungkinan akan meminta klarifikasi kepada Syahrini. “Kalau diperlukan, akan kita mintakan klarifikasi,” kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Heri Wahono lewat pesan singkat , Rabu (7/3/2018).

Heru mengingatkan pemotretan di bahu jalan tol itu berbahaya, baik bagi Syahrini maupun pengendara yang melintas.

“Bahu jalan tol hanya digunakan untuk keadaan darurat,” tegasnya.

Heru menegaskan tidak ada izin yang dimintakan ke petugas PJR jalan tol untuk kegiatan pemotretan Syahrini tersebut. Pihak pengelola jalan tol sebelumnya juga menyatakan hal yang sama.

“Pemotretan tersebut tidak ada izin ke PJR jalan tol, meskipun ada pengajuan izin, tetap tidak akan kami berikan izin, karena sangat membahayakan bagi yang melakukan pemotretan atau pengguna jalan tol yang lainnya,” ujarnya.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: