//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Zulkifli Hasan Akan Dukung Jokowi Tapi Amien Rais Ingin Poros Ketiga

Amien Rais dan Zulkifli Hasan

Amien Rais dan Zulkifli Hasan. (politiktoday.com)

Anekainfounik.net. Ketum PAN Zulkifli Hasan dan besannya, Amien Rais punya sikap yang berbeda dalam menyikapi arah dukungan PAN di Pilpres 2019, apakah mendukung Presiden Jokowi atau tidak.

Amien mengatakan PAN sudah siap membentuk poros ketiga sebagai alternatif dari koalisi Jokowi dan Prabowo. Dia mengaku sudah bertemu dengan pimpinan PAN, hanya saja dia tak menyebut apakah yang dimaksudnya Zulkifli Hasan atau bukan.

“Yang jelas, saya sudah ketemu pimpinan PAN, tidak mungkin mendukung yang ada sekarang ini supaya timbul kompetisi,” ujar Amien setelah menghadiri acara ‘Silaturahmi Tokoh Nasional Menuju Pilpres 2019’ di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/3018), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Ketua Majelis Kehormatan PAN itu mengatakan partainya menolak wacana calon tunggal di Pilpres 2019. Ini merujuk pada koalisi Jokowi yang kian gemuk. PAN sendiri adalah partai pendukung Jokowi pada periode saat ini. Hanya, mereka belum secara resmi menentukan sikap apakah akan kembali mendukung Jokowi di pilpres mendatang.

Dia mengaku PAN juga telah mengadakan pertemuan dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto terkait Pilpres 2019. Namun Amien tidak mau merinci hal apa saja yang sudah dibicarakan.

“Saya tahu mereka sudah berunding, cuma karena saya sudah sepuh, jadi saya cuma dengar-dengar saja,” sebutnya.

“Kadang-kadang saya diberi tahu hasilnya dan saya bergembira karena akan ada paket yang men-challenge yang dikatakan tunggal itu,” imbuh mantan Ketum PAN itu.

Bila Amien mengisyaratkan PAN benar-benar tidak akan mendukung Jokowi di 2019, namun ternyata belum ada keputusan partai. Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan pihaknya masih akan mengkaji keinginan Amien soal arah dukungan.

“Ya begini, Pak Amien kan tokoh bangsa, beliau di PAN kan Ketua Dewan Kehormatan. Tentu apa yang disampaikan Pak Amien menjadi renungan kita bersama,” kata Eddy, Kamis (8/3).

PAN akan menjadikan usul Amien itu sebagai masukan. Keputusan nantinya akan dibahas di rakernas.

“Tentu apa yang disampaikan Pak Amien adalah yang kita hormati dan itu adalah hal-hal memang masukan yang akan kita kaji, kita godok, dan kita bawa ke rakernas nanti,” tuturnya.

Seolah menegaskan pernyataan Eddy, Zulkifli kemudian memuji Jokowi seolah mengisyaratkan dukungannya terhadap Jokowi di Pilpres 2019. Zulkifli merasa galau dengan peluang poros ketiga, di mana PAN menjadi salah satu partai yang didorong membentuk poros untuk menjadi pesaing koalisi Jokowi dan koalisi Prabowo itu bersama PKB dan Partai Demokrat.

“Secara matematis, poros ketiga mungkin, tapi kan saya katakan tidak mudah. Pak Jokowi kan surveinya tinggi di segala lini. Namanya incumbent, punya kekuatan bisa saja gitu. Secara matematis bisa, tapi yang mungkin bisa dua (poros),” ungkap Zulkifli, Jumat (9/3).

Perbedaan sikap Zulkifli dan Amien memang sangat kentara. Ini bisa dilihat saat Pilpres 2014 lalu, PAN berada di barisan Prabowo Subianto yang ketika itu berpasangan dengan sang ketum, Hatta Rajasa. Saat Hatta melepaskan jabatannya dan Zulkifli terpilih sebagai Ketum, PAN kemudian merapat ke jajaran pendukung pemerintah dan mendapat jatah kursi menteri.

Sejak saat itu, hubungan PAN dengan pemerintah panas dan dingin. Kerap kali PAN berbeda sikap dengan pemerintah, namun juga masih berada di barisan pendukung. Sementara Amien Rais selalu menyampaikan kritikan kerasnya kepada Jokowi.

Memasuki tahun politik, PAN mulai dipertanyakan sikap politiknya. Meski kerap menyebut berhubungan baik dengan oposisi, namun nyatanya PAN masih dekat juga dengan Jokowi.

Ini terbuktinya saat Zulkifli datang ke Istana Negara menemui Jokowi diam-diam. Ketua MPR itu juga sudah bertemu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ya pertemuan rutin saya sebagai ketua MPR banyak yang datang menyampaikan beberapa hal (ke saya), minta tolong disampaikan ke presiden. Sebagai Ketum PAN, saya juga keliling Indonesia menerima laporan masyarakat yang juga disampaikan ke presiden,” kata Zulkifli kepada wartawan, Selasa (20/2).
(elz/elz)

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: