//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Megawati ‘Naik Pangkat’, PKS & Gerindra Sebut Jokowi Balas Jasa Politik

Jokowi dan Megawati saat acara deklarasi capres

Jokowi dan Megawati saat acara deklarasi capres. (Istimewa)


Anekainfounik.net. Posisi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) makin kuat setelah Jokowi menerbitkan Perpres No 7/2018 yang menjadikan Kepala BPIP memiliki hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri dan wakilnya setingkat wakil menteri. Sementara itu, Dewan Pengarah mendapatkan hak keuangan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

Kini Dewan Pengarah memiliki kewenangan lebih besar, memiliki maksimal tiga anggota staf yang membantu menjalankan tugasnya. Bahkan Megawati kini bisa membentuk satuan tugas khusus dalam kondisi tertentu. Megawati juga bisa membentuk Dewan Pakar dan mengatur semua ketentuannya.

Wewenang Megawati yang sangat kuat itu memunculkan tanda tanya soal adanya pesan politik di balik keputusan Jokowi itu. Dua partai politik oposisi, PKS dan Gerindra menilai hal tersebut sebagai bentuk balas jasa Jokowi kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebab, selain jabatan Mega sebagai Ketua Dewan Pengarah UKP-PIP, ia juga Ketum partai Jokowi bernaung.

“Naik pangkat buat Bu Mega wajar. Beliau mengantarkan Pak Jokowi jadi Presiden dan mencalonkan kembali (di pilpres),” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Kamis (15/3/2018), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Mardani menyatakan, kinerja UKP-PIP masih patut dipertanyakan. Menurutnya, belum ada alasan konkret bagi Jokowi untuk menaikkan status unit tersebut.

“Itu (perubahan status UKP-PIP) debatable. Karena kondisi saat ini pun masih belum dirasakan kinerjanya,” jelas Wakil Ketua Komisi II DPR itu.

Meski begitu, ia tak menampik Presiden RI ke-5 itu layak mendapatkan apresiasi. “Tapi secara kenegarawanan, Bu Mega memang layak diberi penghargaan,” ucapnya.

Hal sama juga dinyatakan Gerindra. Gerindra malah menyebut kebijakan Jokowi itu semata demi memuluskan langkah di Pilpres 2019.

“Pikirannya sudah Pilpres terus, termasuk peningkatan status UKP-PIP ini. Ini langkah untuk memuluskan dukungan dari Ibu Megawati untuk Pilpres 2019,” kata Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono kepada wartawan, Kamis (15/3/2018).

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: