//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Ini Karikatur “Pria Bersorban Batal Pulang” yang Bikin FPI Demo Tempo

Karikatur Majalah Tempo yang dipersoalkan FPI

Karikatur Majalah Tempo yang dipersoalkan FPI. (Tempo/Yuyun Nurrachman)

Anekainfounik.net. Massa Laskar Pembela Islam (LPI) dan Front Pembela Islam (FPI) akan melakukan demonstrasi di kantor Majalah Tempo, Jl Palmerah Barat, Kebayoran Lama, Jaksel, siang ini. Massa meminta redaksi majalah Tempo mengklarifikasi berkaitan dengan karikatur ulama yang menjadi cover majalah Tempo edisi 26 Februari 2018. Ulama tersebut dianggap menampilkan sosok imam besar FPI, Habib Rizieq.

“Yang pasti Tempo telah menghina ulama makanya kami menuntut Tempo minta maaf kepada umat Islam dan ulama. Makanya, kami akan minta klarifikasi atas karikatur itu,” kata Humas Persaudaran Alumni 212 yang juga anggota FPI, Novel Bamukmin, Jumat (16/3/2018), dilansir anekainfounik.net dari Detikcom.

Menurut Novel, karikatur tersebut menggambarkan seorang ulama berpakaian gamis dan bersorban. Di depan sosok ulama itu terdapat seorang perempuan yang dianggap pihak FPI menggunakan pakaian yang tidak sopan. Pria bersorban itu mengucapkan kata “maaf, saya tidak jadi pulang”. Lalu dijawab seorang wanita dengan ucapan “yang kamu lakukan itu jahat”, persis seperti yang dikatakan Cinta (Dian Sastro) kepada Rangga (Nicholas Saputra) dalam adegan film Ada Apa dengan Cinta 2.

Walaupun terkesan merupakan lucu karena merupakan parodi film dari AADC2, tapi menurut Novel, karikatur tersebut jelas menghina ulama.

“Itu jelas ulama berpakaian memakai gamis, berimamah dan bersorban yang haram berdua berhadapan dengan wanita yang berpakaian tidak sopan, apalagi ditambah dengan kata-kata yang tak pantas,” ujar dia.

Meski tidak ada keterangan siapa sosok ulama di karikatur yang dibuat oleh Yuyun Nurrachman itu, tapi menurut Novel, gambar tersebut sudah jelas merepresentasikan sosok Habib Rizieq Syihab. Sebab, karikatur tersebut diterbitkan setelah Rizieq batal pulang.

“Pada posisi waktu yang memang hangat sedang dibicarakan maka jelas tujuan dari karikatur tersebut,” lanjutnya.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan personel untuk mengamankan aksi tersebut.

“Surat pemberitahuannya sudah ada, rencananya siang nanti pukul 13.00 WIB,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Jumat (16/3/2018).

Jumlah peserta aksi diperkirakan mencapai 200 orang. Polda Metro Jaya menyiapkan personel yang cukup untuk mengamankan aksi tersebut.

“Pengamanan tentunya cukuplah, dari Polres setempat di-back up Polda Metro Jaya,” imbuhnya.

Selain menyiapkan pengamanan aksi, polisi juga menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas. Pengalihan arus dilakukan secara situasional jika terjadi kepadatan di sekitar lokasi aksi.

“Pengalihan arus situasional,” ucapnya.

Massa berkumpul mulai pukul 11.00 WIB di Markas FPI Jl Petamburan III, Jakarta Pusat untuk melaksanakan persiapan aksi dan dilanjutkan salat Jumat terlebih dahulu. Selepas salat Jumat, massa bergerak ke kantor redaksi majalah Tempo dengan menggunakan kendaraan pribadi dan motor.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: