//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Sandi Tuduh Ahok-Djarot Tak Pernah Tangani Sampah di Teluk Jakarta

Sampah menumpuk di Muara Angke, Teluk Jakarta

Sampah menumpuk di Muara Angke, Teluk Jakarta. (Kompas.com)

Anekainfounik.net. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menuding pemimpin Ibu Kota sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat tak pernah menangani sampah di Teluk Jakarta. Klaim Sandi, sampah tersebut sudah ada sejak tahun 2014.

“Konon kabarnya dari pengelola sampah di sana dari 2014, tetapi kita yakin bahwa sebelumnya pemerintah sudah memberi perhatian tetapi belum eksekusi saja, jadi kita jangan saling menyalahkan, kita kerjakan saja sekarang,” kata Sandiaga di Jakarta Timur, Sabtu (17/3/2018), dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Menurut Sandiaga, kendala pembersihan sampah tersebut yakni lokasi titik timbunan sampah yang bersebelahan dengan hutan mangrove. Dengan demikian, pembersihan sampah menggunakan alat berat dikhawatirkan merusak mangrove.

“Jadi bagaimana nanti penanganan ke depan, bagaimana bisa membawa alat-alat beratnya ke sana. Tapi ini akan ditangani karena itu dari tahun 2014 kita sedikit ada tumpang tindih, karena ada konservasinya sementara sampahnya kumpul di sana membawa kalau ada kegiatan takut mengganggu mangrovenya,” kata Sandiaga.

Sampah memenuhi bibir pantai di kawasan hutan bakau Muara Angke, Jakarta Utara setinggi 1,5 meter. Saking dalamnya, lautan sampah itu pun bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Menurut Ketua Komunitas Mangrove Muara Angke Risnandar, sampah-sampah itu dibawa angin barat. Fenomena angin barat tersebut sudah terjadi sejak Desember 2017. Sementara itu, sampah mulai menumpuk pada awal Februari 2018. Risnandar menyampaikan, sampah-sampah tersebut terkumpul akibat gulungan ombak yang membawa sampah ke bibir pantai.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: