//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Tak Jadi Cawapres Jokowi, Mahfud Akan Dukung Prabowo Seperti 2014?

Mahfud MD digadang-gadang jadi Cawapres Jokowi

Mahfud MD digadang-gadang jadi Cawapres Jokowi. (Detikcom)

Anekainfounik.net. Nama Mahfud MD kembali disebut-sebut terkait bursa calon wakil presiden (cawapres) Jokowi. Adalah Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz yang pertama kali memunculkan usulan tersebut.

“Saya berpikir dan berani untuk mencoba untuk menawarkan nama yang ideal, Profesor Mahfud,” kata Donal, dalam diskusi yang diselenggarakan ICW bertema ‘Pencalonan Pilpres 2019: Menantang Gagasan Antikorupsi dan Demokrasi’, di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2018), dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Donal menilai, Mahfud memenuhi tiga syarat capres dan cawapres yang ideal menurut ICW, yakni harus sosok bersih dan negarawan, memiliki visi penegakan hukum dan demokrasi yang kuat dan konsisten, berani melawan mafia hukum dan mafia bisnis.

“Profesor Mahfud menurut saya salah satu di antara sedikit orang yang bisa memenuhi tiga kriteria itu,” ujar Donal.

Menganggapi usulan tersebut, Mahfud mengaku sudah menjalin komunikasi politik dengan parpol pengusung Jokowi terkait pembahasan Pilpres 2019.

“Komunikasi informal tentu saja ada,” kata Mahfud di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3), dilansir dari Detikcom.

Namun ia tak mau terlalu percaya diri soal pengusungan dirinya sebagai cawapres Jokowi di Pilpres 2019. Mahfud menyatakan ia sebenarnya tidak terlalu menginginkan posisi tersebut.

“Alhamdulillah ya masuk, karena saya tidak pernah ingin. Tapi saya juga tidak katakan tidak mau, karena nggak mau sombong,” jelas akademisi yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Riuhnya kabar Mahfud MD merapat ke Jokowi untuk Pilpres 2019 ditanggapi oleh Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Muzani mengenang kembali manuver Mahfud MD di Pilpres 2014, saat Mahfud pada akhirnya mengalihkan dukungan dari Jokowi ke Prabowo.

“Dulu Pak Mahfud, ketika menjadi ketua tim pemenangan Prabowo 2014, saya kira kita juga semua sudah tahu,” kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/3).

Empat tahun silam, Mahfud MD memang menjadi salah satu kandidat yang dipertimbangkan PDI Perjuangan untuk menjadi cawapres Jokowi dari PKB. Mahfud berharap mendapat dukungan dari PKB yang selama ini mengusungnya jadi capres.

“Ya berharaplah,” ujar Mahfud menjawab pertanyaan wartawan soal dukungan PKB terhadap pencawapresannya terhadap Jokowi, 7 Mei 2014. Namun akhirnya PDI Perjuangan membulatkan pilihan kepada Jusuf Kalla.

Hampir tiga pekan usai menyatakan harapannya mendampingi Jokowi, Minggu (25/5/2014), Mahfud MD menjadi Ketua Tim Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang saat itu menjadi kompetitor Jokowi-Jusuf Kalla.

“Tim pemenangan sudah fix dibentuk tadi dipimpin langsung Pak Mahfud dan ketua harian Pak Zulkifli. Struktur, pembagian tugas , dan tugas-tugas yang sifatnya segera atau yang kurang segera sudah diatur,” ujar Jubir tim pemenangan Prabowo-Hatta, Tantowi Yahya di Rumah Polonia, Jl Cipinang Cimpedak II No.29, Jakarta Timur.

Jadi akan Mahfud MD kembali bermanuver jika batal menjadi cawapres Jokowi?

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: