//
Anda membaca...
Kuliner

Mengenang Chef Harada, Koki Jepang-Indonesia yang Lucu

Foto Chef Harada semasa hidup

Foto Chef Harada semasa hidup. (Instagram @chef_harada)

Anekainfounik.net. Nama Hiromitsu Harada mungkin sesekali terdengar masih asing di telinga. Namun beda cerita dengan nama Chef Harada yang dikenal lucu dan fasih berbahasa Indonesia meski logat Jepangnya masih kental.

Lama tak terdengar kabar dan kemunculannya di layar kaca, kabar mengejutkan pun muncul darinya, koki asli Jepang yang beberapa waktu lalu sempat hit di kalangan ibu-ibu rumah tangga ini mengembuskan napas terakhirnya pada Senin (19/3). Dia meninggal pada pukul 02.15 pagi hari.

Kendati demikian, nama Chef Harada sempat melambung berkat program Fun Cooking di Trans TV pada 2012 silam. Program yang tayang Senin-Jumat selama 30 menit ini menyuguhkan demo masak. Berbeda dengan tipe tayangan demo masak lain yang terkesan serius ataupun seksi, Chef Harada menghadirkan demo masak yang lucu.

Chef Harada memperkenalkan masakan Jepang, dan juga fushion antara masakan Jepang dan Indonesia. Hiromitsu Harada lahir di Aomori, Jepang pada 29 Mei 1961.

Sebelum tampil di televisi Indonesia, koki asli Jepang ini mulai bekerja sebagai juru masak di Jakarta sejak 1987. Tiga tahun kemudian, ia memutuskan untuk mengelola restoran Jepangnya sendiri yakni Restoran Ajihara di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Dia mengelola restoran ini bersama perempuan Indonesia yang dinikahinya, Dewi Suciati.

Ajihara sendiri terinspirasi dari namanya, Aji yang berarti rasa, dan Hara dari namanya, Harada. Sayang, di tahun 1998 restorannya harus tutup karena krisis moneter. Namun keberuntungan pun masih berpihak padanya.

Ia pun mengikuti audisi dan berhasil diterima sebagai pembawa acara. Program Fun Cooking sendiri mulai mengudara pada Maret 2012. Sosoknya pun langsung melejit dan mudah dikenali karena bahasa Indonesia logat Jepang dan gayanya yang kocak. Dia juga dikenal selalu mengenakan kimono bukan pakaian koki pada umumnya.

Kariernya melesat dan merambah ke dunia akting. Chef Harada turut bermain dalam film komedi horor yakni, ‘Eyang Kubur’. Film besutan sutradara Findo Purnomo ini rilis pada 2013. Di sini Chef Harada berperan sebagai Chef Yamoto seorang koki yang membuka restoran dengan Martina yang diperankan oleh Yurike Prastika.

Dia juga pernah bermain film bersama sang putri, Ayumi pada 2016 lalu dengan judul Abdullah Takeshi. Bersama Ayumi, chef Harada berperan sebagai suami istri.

Setelah Fun Cooking dan film Eyang Kubur, nama chef Harada memang tak lagi bersinar. Namun, ia sempat beberapa kali tampil di layar kaca sebagai bintang tamu di beberapa stasiun televisi.

Dia kini juga memiliki restoran Jepang yang diberi nama Yuki Japanese Restaurant di kawasan Melawai, Jakarta Selatan.

Sejak akhir tahun lalu, ia vakum dari dunia masak-memasak dan memilih fokus untuk berobat. Melalui akun Instagramnya, @ayumyy426, sang putri Ayumi terus mengabarkan perkembangan kesehatan sang ayah sampai akhirnya chef Harada meninggal dunia di RS Puri Cinere, Senin (19/3).

Dilansir dari Kumparan.com, papan pengumuman kabar duka Chef Harada bertuliskan nama Muhammad Hiromitsu Harada. Itu menandakan bahwa pria berusia 57 tahun itu merupakan mualaf.

Chef Harada bernama lengkap Muhammad Hiromitsu Harada

Chef Harada bernama lengkap Muhammad Hiromitsu Harada

Kabar ini dibenarkan oleh putri Chef Harada, Ayumi, bahwa ayahnya sudah menganut agama Islam sebelum menikah dengan ibunya, Dewi Suciati .

“Udah sebelum menikah sama mamah,” ujar Ayumi saat ditemui di rumah duka di Villa Mutiara Cinere, Depok, Jawa Barat.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: