//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Pasukan Oranye Bersorak Lihat Anies Kembali Keruk Sampah Pakai Tangan

Anies Baswedan membersihkan sampah di Muara Angke

Anies Baswedan membersihkan sampah di Muara Angke. (Okezone.com)

Anekainfounik.net. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan aksi uniknya dalam mebantu pasukan oranye dalam membersihkan sampah. Kali ini, Anies mencoba mengeruk sampah di lautan Ecomarine, Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (19/3/2018).

Sebelumnya, bibir pantai di kawasan hutan mangrove Ecomarine dipenuhi sampah sejak awal Februari 2018. Dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com, sampah-sampah tersebut didominasi sampah plastik, seperti botol air kemasan, bungkus deterjen, hingga kemasan makanan ringan. Ketua Komunitas Muara Angke Risnandar mengatakan, lautan sampah tersebut muncul akibat fenomena baratan atau angin barat yang membawa sampah-sampah di laut merapat ke daratan.

Pada awalnya, Anies tiba dengan kapal tepat di titik yang sedang dikeruk. Setiba di atas hamparan sampah, Anies berbincang dengan para pejabat Dinas Lingkungan Hidup dan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) yang biasa dikenal pasukan oranye.

Anies kemudian mengeruk sampah yang diinjaknya dan memasukannya ke keranjang plastik biru. Ia tidak menggunakan apa pun pada tangannya. Hanya sepatu boots oranye yang dikenakan Anies. Anies mengambil sampah sekitar lima menit sebelum kembali berbincang dengan para pejabat dan diwawancara media.

“Mantap Pak Anies!” seru para pasukan oranye bertepuk tangan ketika Anies mengambil sampah dengan tangan kosong. Pembersihan sampah telah dimulai sejak Sabtu (17/3/2018).

“Saya tadi ikut membersihkan sampah bersama teman-teman PPSU. Jadi yang saya lihat, sampah-sampah disini, merupakan yang sehari-hari kita pakai, seperti bungkus plastik makanan ringan dan bungkus plastik mie instan,” ujar Anies Baswedan dengan bangga kepada wartawan.

Ia menjelaskan, ada 400 orang yang all out untuk membersihkan sampah di hutan Mangrove Muara Angke tersebut. Dan Pemprov DKI akan membersihkan sampah 50 Ton di hutan Mangrove Muara Angke itu, selama satu Minggu kedepan.

“Kita akan tuntaskan pembersihan sampah disini selama satu pekan,” ungkapnya.

Aksi Anies rela kotor-kotoran dengan mengeruk lumpur menggunakan tangan kosong bukan pertama kali terjadi. Saat pasukan oranye membersihkan Kali Tegal Amba RW 02 Kelurahan Pondok Bambu, Duren sawit Jakarta Timur, Sabtu (30/12/2017), Anies juga ikut membersihkan sampah dengan menggunakan tangan padahal pasukan oranye sendiri mengenakan sarung tangan dan sekop serta alat berat eskavator.

Baca juga: Demi Pencitraan, Anies Rela Bermandikan Lumpur Bersihkan Kali Tanpa Sarung Tangan

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: