//
Anda membaca...
Hukum dan Peristiwa

Probosutedjo, Adik Tiri Soeharto Meninggal di Usia 87 Tahun

Probosutedjo meninggal dunia

Probosutedjo meninggal dunia. (CNN Indonesia)

Anekainfounik.net. Adik tiri presiden kedua RI Soeharto, Probosutedjo, meninggal dunia di usia 87 tahun pada Senin (26/3/2018) pagi di RSCM sekitar pukul 7.05 WIB. Hal tersebut dikonfirmasi Sekjen Partai Berkarya Badarudin Andi Picunang melalui pesan singkat kepada wartawan.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pribadi dan keluarga besar Partai Berkarya turut berdukacita atas wafatnya H Probosutedjo, adik dari alm HM Soeharto dan bapak mertua Andre Lantang K,” ujar Badarudin, Senin (26/3/2018), dilansir anekainfounik.net dari Kompas.com.

Menurut Badarudin, jenazah Probosutedjo disemayamkan di rumah duka, Jalan Diponegoro Nomor 20, Jakarta Pusat, hingga pukul 12.00. Jenazah akan diterbangkan ke Yogyakarta siang ini dan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kemusuk.

“Sebelumnya disemayamkan di Dalem Probosuteja, daerah Ngasem, Yogyakarta,” katanya

“Rumah duka Yogyakarta di Museum Pak Harto, Kemusuk – Argomulyo, Bantul. Akan dimakamkan di Pemakaman Gedong, Kemusuk, Bantul Yogyakarta,” tambah Dina, staf pribadi Siti Hediati Harijadi atau Titiek Soeharto.

Probosutedjo semasa hidupnya dikenal sebagai pengusaha sukses. Pria yang lahir di Bantul 1 Mei 1930 itu merintis usaha tanaman industri. Selain itu, ia pun menaruhkan perhatiannya pada dunia pendidikan dengan membangun Universitas Mercubuana.

Lewat usahanya di bidang tanaman industri sebagai bos PT Menara Hutan Buana dan PT Wonogung Jinawi, Probo sempat terjerat kasus dana reboisasi hutan tanaman industri senilai Rp100,931 miliar pada 2003 silam.

Pada 22 April 2003 ia lalu divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat empat tahun penjara karena kasus dalam proyek hutan tanaman industri di Kalimantan Selatan itu.

Pada 5 Januari 2006, Probosutedjo membayar uang pengganti Rp100,9 miliar sebagai pengganti kerugian negara lewat kuasa hukumnya kala itu, OC Kaligis. Probosutedjo menjalani hukuman di LP Sukamiskin, Bandung, dan bebas bersyarat pada 12 Maret 2008.

Seperti diberitakan CNN Indonesia, dalam buku berjudul Memoar Romantika Probosutedjo: Saya dan Mas Harto itu Probo menegaskan polemik hubungan kerabat antara dirinya dan Soeharto. Soeharto adalah kakak yang merupakan satu ibu lain bapak.

Soeharto adalah buah pernikahan ibunya, Soekirah, bersama Kertorejo kemudian mengganti nama jadi Kertosudiro, mengambil nama belakang kakek mereka Atmolsudiro.

Namun, pernikahan itu seumur jagung, dan ibunya yang sedang mengandung Soeharto kembali ke rumah orang tua (halaman 44). Setelah lahir, Soeharto lalu dititipkan pada Mbah Kromodiryo, dukung beranak yang kebetulan memiliki seorang putri yang juga baru melahirkan. Sehingga, Soeharto pun ikut menyusu dari putri Mbah Kromo (halaman 45).

Selanjutnya, ibunda Soeharto menikah lagi dan berturut-turut melahirkan tujuh anak termasuk Probosutedjo (halaman 49).

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Agen Bola
Iklan
%d blogger menyukai ini: