//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

Benarkah PT Bintang 08 Milik Prabowo Subianto?

Prabowo berpidato

Prabowo sedang berpidato. (Istimewa)

Anekainfounik.net – Belakangan ini banyak pihak bertanya “benarkah PT Bintang 08 milik Prabowo Subianto?” dan Ketua Umum Gerindra tersebut disebut-sebut sebagai bos perusahaan tersebut.

Isu ini bergulir liar saat akun Twitter Gerindra mengunggah cuitan tentang tenaga kerja asing di Morowali. Gerindra mengatakan daerah itu layaknya Guangzhou China lantaran dipenuhi tenaga kerja asing. Cuitan itu lantas dibalas seorang netizen dengan akun @Aniessa_Andi.

“Tolong @gerindra jujur ungkap ke publik bhw Prabowo adalah pemilik PT Bintang 08, salah satu perusahan tambang di Morowali yg banyak mendatangkan TKA. Ayo mari jujur. Mari kita bongkar,” balas dia.

Tak pelak Partai Gerindra meluruskan isu itu. Duo Waketum Gerindra, Fadli Zon dan Ferry Juliantono, kompak menyebut informasi itu palsu, bohong, dan fitnah. Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade lalu mengungkap siapa sebenarnya pemilik PT Bintang Delapan.

“Bintang delapan 95% milik Tsingshan (Dingxin Group) dari China, 5% dimiliki putra daerah,” kata anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade kepada wartawan, Sabtu (5/5/2018).

Dicek ke situs resminya, fakta menyatakan kalau Bintang Delapan Group adalah perusahaan yang bergerak di sejumlah bidang, di antaranya pertambangan. Dikutip dari Jobstreet.co.id, PT Bintang Delapan Group disebut sudah berdiri sejak 23 tahun lalu dan mempunyai beberapa anak usaha yang bergerak di bidang tambang, trading dan rental.

Di antara perusahaannya adalah PT Bintang Delapan Resources yang berkantor di Kelapa Gading Jakarta Utara dan lokasi Operasional Kerja di Kendari, Morowali, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Halmahera dan Ambon yang fokus bidang usahanya di bidang trading dan mining.

Pada 29 Mei 2015 lalu, Presiden Jokowi meresmikan smelter milik PT Bintang Delapan ini. Peresmian itu diwarnai isu bahwa perusahaan itu dimiliki sejumlah jenderal.

“Ini stop (ekspor bahan mentah), nggak boleh. Harus ada nilai tambah untuk daerah dan untuk lingkungan daerah,” kata Jokowi dalam kata sambutannya saat itu, Jumat (29/5/2015).

Selain yang disebutkan di atas, ada juga PT Bintang Delapan Terimal. Berikut penjelasan singkat soal PT Bintang Terminal dikutip dari situs Indonesia Morowali Industrial Park imip.co.id, Sabtu (5/5). Situs PT Bintang Delapan dan yang terkait tak bisa diakses setelahnya. Sampai pukul 08.30 WIB hari ini, situs itu tetap tak bisa diakses. Jika dicoba dibuka, muncul tulisan ‘Welcome to Parallels! If you are seeing this message, the website for http://www.bintangdelapan.com is not available at this time. If you are the owner of this website, one of the following things may be occurring: You have not put any content on your website. Your provider has suspended this page’.

PT Bintang Delapan Terminal

Penjelasan Singkat Perusahaan

Untuk memenuhi kebutuhan pabrik dalam Kawasan IMIP terhadap pelabuhan, dan persiapan untuk kebutuhan masa depan, Shanghai Decent Investment (Group) Co., Ltd bekerja sama dengan PT Bintang Delapan Investama mendirikan PT Bintang Delapan Terminal pada bulan Desember 2015, untuk membangun dermaga khusus kargo curah berkapasitas 92.500 ton dalam Kawasan IMIP.

Proyek tersebut terletak di sisi timur Danau Towuti Kawasan IMIP di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia, sisi timur laut menghadap Laut Banda. 1 buah dermaga yang dibangun dengan panjang 280 m, lebar 28 m, dilengkapi 3 kapal grab unloader tipe jembatan, memenuhi aktivitas pembongkaran kapal kargo curah dengan kapasitas maksimal 92.500 ton; dermaga terhubung dengan daratan melalui sebuah jembatan penyambung dengan panjang 55,64 m, lebar 12,5 m, di bagian sisi atas terpasang dua jalur sabuk dan koridor konveyor, dengan desain kemampuan bongkar muat sebanyak 8 juta ton. Total investasi mencapai 81,55 juta dollar AS, dan akan beroperasi pada tahun 2017.

Proyek tersebut merupakan bagian penting dari infrastruktur dasar Kawasan IMIP, menggabungkan jalur pelayaran internasional yang telah disetujui oleh pemerintah Indonesia antara Kawasan IMIP dengan dermaga 50.000 ton milik Tsingshan di kota Fuan Provinsi Fujian Tiongkok, yang mengemban tugas penting dalam mendorong perkembangan Kawasan IMIP secara pesat, selain itu, dengan peralatan dermaga, filosofi operasi, metode manajemen dan lainnya diikuti dengan transfer dan penyebaran teknologi akan mendorong kemajuan pekerja konstruksi, manajemen dan tenaga teknis terminal setempat, meningkatkan perkembangan teknologi dermaga, menggerakan perkembangan ekonomi setempat maupun Indonesia.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: